Usulan Tol Tarutung-Sibolga dan Pembangunan Jalan Garoga Taput Dibahas Kabinet

Dua agenda yang diusulkan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan yakni pembangunan ruas jalan Tol melalui Muara- Tarutung-Sibolga dan pembukaan jalan Garoga Taput (bts Taput) ke Labuhan Batu Utara masuk pembahasan kabinet Indonesia Maju.

” Sebenarnya ada usulan kita Tiga ke Pak Presiden Jokowi, namun dua mendapat sinyal agar dibahas dalam rapat Kabinet Terbatas Indonesia Maju,” ungkap Bupati Taput Nikson Nababan kepada Realitas Online, Senin (24/2) 2020.

Usulan yang dimaksudkan Bupati Nikson Nababan yakni pembangunan ruas jalan Tol yang menyambung dari Parapat ke Muara Taput tembus ke Sibolga.

Serta pembukaan ruas jalan Garoga menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Semangke Labuhan Batu Utara.

” Pak Presiden sendiri yang memerintahkan itu masuk dalam rapat pembahasan kabinet terbatas berdasarkan surat yang kita kirimkan ke Presiden, Ketua MPR dan Menteri PUPR,” tambahnya.

Lebih jauh dikatakan Bupati Nikson, adapun surat No 034/18/34.2.1/I/2020 tertanggal 7 Januari 2020 kepada Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berupa usulan dukungan pembangunan jalan Tol melalui Muara-Tarutung-Sibolga.

” Jalan Tol itu nanti akan mendukung percepatan Danau Toba sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dan mendukung ruas jalan tol Trans Sumatera sesuai Perpres no 117 tahun 2015,” ungkapnya.

Dan juga Nikson menambahkan Tol Muara Taput ke Sibolga juga akan mengkoneksikan wisata Danau Toba dan Bahari Sibolga Tapteng.

” Usulan itu telah kita layangkan ke Pak Presiden tertanggal 15 Desember 2019 ditandatangani Saya , Bupati Tapteng dan Walikota Sibolga,” tambahnya.

Sedangkan usulan pembangunan ruas jalan Garoga Bts Taput ke Sei Semangke Labuhan Batu Utara disebutkan Nikson berdasarkan usulan surat No : 034/19/34.2.1/I/2020 tertanggal 7 Januari 2020 ke Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat.

” Ini juga dalam kerangka mendukung Danau Toba sebagai KSPN sehingga perlu dukungan infrastruktur arus barang melalui pelabuhan Kuala Tanjung yang terhubung Sei Semangke Labuhan Batu Utara,” katanya.

Selain itu juga mengkoneksikan jalan lintas Timur dan Lintas Barat Sumatera,” Mudah-mudahan nantinya di pembahasan Kabinet berjalan baik dan bisa disetujui Pak Presiden, berdasarkan kajian yang kita buat, “harapnya.

sumber: realitasonline.com

Team Direktori
Author: Team Direktori

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar